Welcome...

Welcome...
Home » , » Apa Kelebihan ASI dibandingkan Susu Formula?

Apa Kelebihan ASI dibandingkan Susu Formula?


Apa Kelebihan ASI dibandingkan Susu Formula - Dewasa ini masih ada beberapa bayi yang kurang memperoleh ASI eksklusif selama waktu 6 bulan. Sekian banyak bayi justru  malah diberikan susu formula yang berasal dari susu sapi. Meskipun kenyataannya ada beberapa kandungan ASI yang tidak terdapat dalam susu formula.

Hal mula-mula yang perlu ibu ketahui ialah kandungan dari susu manusia & susu sapi itu berlainan. Jika di susu sapi kadar proteinnya adalah 3,4 %, lebih tinggi daripada susu manusia yang cuma 0,9 %. Namun Kadar laktosa di dalam ASI lebih besar yaitu 7 % jika dibandingkan dengan susu sapi yang hanya 4,8 %.

"Karena itu ASI buat otak & susu formula buat otot," ucap dr IGAN Pratiwi selaku Ketua Satgas ASI IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dalam program seminar yang menyangkut Peningkatan Pemberian ASI Eksklusif Bagi Bayi dalam Mensupport MDGs di Hotel Manhattan, Jakarta.

Dokter yang biasa disapa Tiwi ini memaparkan laktosa amat sangat mutlak dalam proses pembentukan myelin otak. Myelin ini berfungsi buat mengantarkan rangsangan  yang akan diterima oleh bayi. Waktu menyusui rangsangan akan di terima oleh si mungil seperti mencium bau ibunya, juga mendengar & merasakan napas sang ibu.

Sedangkan di susu sapi kandungan  paling tinggi ialah protein. Protein berfungsi mempermudah pembentukan otot, lantaran sapi  sangatlah membutuhkan otot kuat seperti buat bergerak atau membajak sawah. Dr. Tiwi memaparkan laktosa yang tinggi untuk bayi yg baru lahir kadang mampu menyebabkan diare. Tetapi keadaan ini yaitu sebuah faktor normal atau fisiologis maka ibu tak butuh menghentikan pemberian ASI.

Ia pun mengungkapkan bahwa, "Diare yang disebabkan oleh fisiologis tak akan menurunkan berat badannya. Maka selagi berat badannya tak menyusut, ibu tak butuh menghentikan pemberian ASI & normalnya bayi sanggup BAB sekitar 10 sampai 15 kali sehari."

Disamping itu AA & DHA yg terkandung didalam ASI  dilengkapi pula oleh enzim lipase yang mana dapat dengan mudah dicerna oleh badan bayi. Sedangkan terhadap susu formula memang lah ada AA & DHA namun tak ada enzimnya. Lantaran faktor ini(enzim lipase) baru dibentuk kala bayi berumur 6-9 bulan.

Apa Kelebihan ASI dibandingkan Susu Formula?
Manfaat lain dari ASI yg tak didapatkan dari susu formula ialah kandungan kolostrum yang akan ke luar di awal-awal bayi menyusu. Keluarnya Kolostrum dikala bayi menyusu mengandung 1-3 juta leukosit (sel darah putih) dalam 1 ml ASI.

"Jadi seandainya ada bening-bening sedikit yang keluar dari payudara janganlah sampai diremehkan, sebab itu mengandung leukosit yang mana dapat berguna untuk membunuh bakteri di dalam tubuh si mungil," ucap dokter tersebut. Dirinya pun menyampaikan kesuksesan ibu dalam menyusui ASI kepada bayinya amat ditentukan oleh dukungan dari suami, keluarga, Pegawai kesehatan, warga juga lingkungan kerjanya.

"Menyusui adalah  sebuah proses keseimbangan yang mana melibatkan 3 orang yakni ibu, bayi & ayahnya. Lantaran itu peran ayah amat sangat berarti dalam factor kesuksesan pemberian ASI eksklusif tatkala 6 bln atau hingga 2 thn," tutur dr Utami Rusli SpA, MBA, IBCLC. Dikarenakan itu dr Utami menjelaskan bahwa seseorang ayah pula miliki power (kebolehan) buat menyehatkan anaknya & berperan dalam proses menyusui (breastfeeding father).
Anda sedang membaca artikel tentang Apa Kelebihan ASI dibandingkan Susu Formula? Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link sumbernya.

0 komentar:

Post a Comment