Welcome...

Welcome...
Home » , » Tips dalam Menyusui Bayi Dengan Benar

Tips dalam Menyusui Bayi Dengan Benar

Tips dalam Menyusui Bayi dengan Benar - Menyusui merupakan suatu proses pemberian makanan terhadap bayi dalam bentuk air susu ibu(ASI) yang berasal dari payudara ibu. Jadi maksudnya bukan pemberian ASI melalui botol dot ataupun media lainnya.


Sesudah dilahirkan, bayi dikaruniai refleks menghisap. Refleks ini menciptakan satu orang bayi tidak dengan sadar bakal senantiasa menghisap benda yang dimasukan ke dalam mulutnya. Seandainya yang dimasukan yakni puting payudara tentu saja dia bakal automatic menghisapnya. Fenomena ini pasti amat menguntungkan bagi ibu yang dapat menyusui bayinya tatkala rentang usia 6 bln, sebelum diberikan makanan penambahan pendamping ASI.

Berikut ini adalah tips-tips dalam menyusui bayi dengan benar:

- Peras/pompalah ASI tiap-tiap 3-4 jam sekali dengan cara rutin. cara ini dilakukan supaya produksi ASI konsisten terjaga.
- Pilihlah waktu di mana payudara dalam kondisi paling penuh terisi, rata rata  berlangsung di pagi hari.
- Sebelum memakai alat yang akan dipergunakan haruslah di sterilkan terlebih dahulu. Sebaiknya pakai breast pump elektrik supaya gampang membersihkannya.
- Pilihlah ruangan yang santai & nyaman ketika proses memerah susu berlangsung, area yang idealnya tak menggangu ibu menyusui.
- Jika membersihkan tangan memakai sabun, membersihkan payudara cukup dengan air saja.
- Sebelum mengawali, minumlah segelas air! disarankan minuman hangat supaya menopang menstimulasi payudara.
- Waktu memerah ASI, ibu mesti dalam keadaan rileks. Keadaan psikologis ibu menyusui teramat memastikan kesuksesan ASI eksklusif. Menurut hasil penelitian, 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif yaitu aspek psikologis ibu menyusui. Baca Juga: Apa Kelebihan Asi Dibandingkaan Susu Formula
- Simpan ASI perah langsung:
  • dalam kulkas (refrigerator) – diletakkan di pojok belakang rak, bukan di pintu lemari pendingin – ASI perah tahan 2 x 24 jam.
  • dalam termos berisi es, ASI bakal bersi teguh 24 jam.
  • bila disimpan di dalam freezer lemari pendingin 1 pintu, umurnya lebih panjang lagi bisa sampai 2 pekan.
Demikianlah beberapa tips dalam menyusui bayi dengan benar. semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua terutama bagi ibu yang sedang menyusui.
Anda sedang membaca artikel tentang Tips dalam Menyusui Bayi Dengan Benar Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link sumbernya.

0 komentar:

Post a Comment