Welcome...

Welcome...
Home » , » Di Usia Berapa Bayi Dapat Mengunyah?

Di Usia Berapa Bayi Dapat Mengunyah?

Usia berapa bayi dapat mengunyah - Memperkenalkan makanan padat pada bayi bukanlah sekedar argument, tetapi mutlak dilakukan untuk memaksimalkan perkembangan motorik oralnya. Selanjutnya perkembangan motorik oral akan dibutuhkan untuk melafalkan kata-kata dengan baik & benar.

Terlambat memperkenalkan makanan dengan tekstur yang lain dari biasanya akan membuat bayi enggan mencoba rasa & tekstur yang berbeda, demikian pula keterlambatan dalam melatih mengunyah & perkembangan otot oral akan sanggup menyebabkan masalah terhadap pengucapan kata-kata pada suatu hari nanti. Cherie Lyden, nutrisionis dari Essential Baby membagi wawasan berkaitan dengan usia berapa bayi dapat mengunyah :

Baru lahir
Disaat usia ini, bayi yang baru lahir hanya mampu mengisap & menelan. System pencernaannya belum sepenuhnya berkembang, karenanya itu dibutuhkan lah ASI atau susu formula yang merupakan makanan utamanya. Pergerakan rahang kala menyusu ASI dapat melatih bayi belajar mengunyah.

3 bln
Di umur ini, bayi telah mempunyai kontrol kepala  yang lebih baik dari sebelumnya, dan sanggup meletakkan jari mereka ke dalam mulut, & mempunyai pergerakan mulut juga bibir yang tambah baik. System pencernaan mereka masih lah belum matang jika diberikan asupan apapun kecuali air susu ibu(ASI) sebagai sumber mutlak makanannya.

4-6 bln
Pergerakan rahang & bibir bayi telah lumayan baik, kapabilitas menggerakkan lidah naik-turun buat memudahkan pengisapan, pengunyahan, ataupun mendorong makanan ke belakang buat ditelan. Kebanyakan, di umur 4-6 bln, bayi telah menunjukkan tanda-tanda siap mencoba asupan makanan tidak cuma air susu yang merupakan pelengkap (makanan pendamping ASI - MP ASI). Di umur ini system pencernaannya tetap belum matang benar, tapi disekitar umur 6 bln, bayi membutuhkan nutrisi tidak hanya air susu, karenanya di umur ini makanan padat telah sanggup dikenalkan padanya.

Makanan padat ini sebaiknya divariasikan, penuh nutrisi & energi, bertekstur dan amat sangat halus, guna memudahkan si anak buat menelan & mencerna. ASI atau susu formula buat si bayi masihlah mesti diberikan sampai umur kurang lebih 12 bln & senantiasa diberikan sebelum makanan padat.

7-9 bln
Makanan padat telah dapat dikenalkan bersama makanan berstruktur, telah dipotong & lumayan lembut, hindari makanan keras sebab si mungil dapat tersedak, seperti bulatan buah anggur utuh, kacang, atau wortel mentah. Bersama koordinasi mata & tangan yang telah lebih baik, si bayi pun akan menunjukkan minat mencoba makannya sendiri, baik memakai tangannya ataupun memanfaatkan sendok. Janganlah lupa buat senantiasa memberinya air putih.

10-12 bln
Makanan padat kini telah mampu dipotong kasar & sedikit agak besar ukurannya. Bayi di umur ini telah lumayan berani & mandiri buat makan sendiri, dirinya juga telah dapat memilah mana yang mesti dikunyah & mana yang telah sanggup ditelan. Otot bibirnya kini telah lebih kuat & dapat menahan tidak sedikit makanan & cairan di dalam mulut. Dia pula telah dapat menahan area minum & minum sendiri.

1 thn ke atas
Di umur ini, bersamaan nutrisi yang pas, si mungil telah sanggup makan lumayan banyak, kurang lebih 3 menu utama pada jam makan nya & diselingi 2-3 makanan kecil setiap hari. Anak pun telah mampu melatih pergerakan otot mengunyah, memutar, & mempunyai otot rahang yang lebih stabil,serta mengakomodir gerak lidah.

Disaat si mungil beranjak dewasa, kekuatan motorik halusnya berkembang tambah baik & dapat mengendalikan otot mulutnya. Ini ialah proses berkesinambungan yang konsisten terjadi, & dapat berkembang bila dilihat dari caranya berbicara & mengucapkan kata-kata.

Di usia berapa bayi dapat mengunyah?
Adapapun ciri-ciri bahwa si bayi siap mencoba makanan padat antara lain: dirinya telah mampu duduk tegak, mempunyai kendali penuh kepada pergerakan kepala & leher, senantiasa mau menyimpan barang ke dalam mulut, telah dapat mengisap makanan halus dari sendok, tertarik kepada makanan, & tak puas cuma  minum susu.
Anda sedang membaca artikel tentang Di Usia Berapa Bayi Dapat Mengunyah? Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link sumbernya.

0 komentar:

Post a Comment