Welcome...

Welcome...
Home » » Ketahuilah Faktor Penyebab Anak Suka Berbohong

Ketahuilah Faktor Penyebab Anak Suka Berbohong

Ketahuilah faktor penyebab anak suka berbohong - Jika kita amati beberapa anak berumur pra sekolah tak gampang mengakui hal-hal yang jelas-jelas sudah dilakukannya, meskipun dengan alasan dan maksud tujuan tertentu.


Berikut beberapa faktor penyebab anak suka berbohong :

1. Imajinasi aktif
Di umur ini anak-anak sangat kaya akan fantasi/imajinasi. Kreativitas mereka memuncak & mereka berpikir, apa yang ia pikir di dalam alam pikirannya memang benar-benar betul. Lagipula, menurut mereka, tiap-tiap orang berpergian ke bulan akan menggunakan roket raksasa.

2. Angan-angan atau harapan
Diwaktu anak  berumur pra sekolah bersikeras menyampaikan ia tak memecahkan vas bunga ibunya yang mahal, sebenarnya bukan tujuan ia buat menghindari kenyataan. Maksudnya, ia berharap kejadian itu tidak terjadi dan mengecewakan orang lain lantaran itu ia meyakinkan ibunya, bahwa kejadian itu tidak ada sangkut paut dengan dirinya.

3. Lupa atau tak sengaja
Anak-anak di umur pra sekolah mempunyai daya ingat yang pendek. Maka dari itu, ketika si anak ditanya mengapa dirinya bertengkar? Ia pun berusaha untuk tidak berbohong, dengan cara memberikan jawaban seperti; tidak, saya tidak bertengkar! saya hanya berusaha merebut mainan saya yang telah diambilnya!

4. Tidak mau dicela
Anak suka berbohong akan sangat menghindari cercaan atau luapan emosi orangtua, oleh karena itu tidak jarang mereka akan memilih untuk berbohong sekaligus ia tidak ingin mengecewakan orangtua dengan kelakuannya yang buruk.

5. Mau dikagumi
Terkadang anak ingin dianggap hebat oleh orang sekitarnya. di kala ia menceritakan kepada orang tua nya bahwa ia berenang di kolam renang khusus orang dewasa, sebetulnya ia amat mau dipuji & dikagumi akan kehebatannya. Penyebab kebohongan satu ini pun kadang dilakukan tanpa disadarinya.

6. Ingin diperhatikan
dengan imajinasi yang tinggi, sebagian anak akan berusaha mengarang cerita sebagai jurus jitunya dalam rangka mencari perhatian orangtuanya. Tanpa memikirkan sisi negatif dari kebiasaannya tersebut. Kebiasaan ini pun akan terus berlanjut jika si anak mendapatkan perhatian dengan cara jitunya.  Baca Juga: Cara Mengatasi Ketakutan Anak pada Hari Pertama Sekolah

7. Menguji peraturan
Pada saat jam tidur siang, si anak sedang menonton tv, padahal dia tahu di jam-jam tersebut ia tidak diperbolehkan untuk menonton tv. Kemudian ketika ia diingatkan ibunya akan peraturan jam tidur siang, si anak pun akan merengek dengan jawaban: sepanjang hari ini saya belum menonton tv, padahal ibu tahu ia sedang berbohong. Hal demikian adalah wajar dimana anak terkadang merasa terkungkung dengan peraturan-peraturan didalam keluarganya.

Faktor anak suka berbohong.
Kebiasaan anak suka berbohong memang tidak lah baik, apalagi kebiasaan itu akan terus berlanjut jika si anak berpendapat kebohongan akan menyelesaikan masalahnya. Nasehatilah anak berbohong kecil atau besar itu adalah sebuah dosa, karena lebih baik jujur diawal walau memang akan membuat kita merasa malu dan bersalah dibandingkan dengan melakukan kebohongan yang akan merusak kepribadiannya.
Anda sedang membaca artikel tentang Ketahuilah Faktor Penyebab Anak Suka Berbohong Anda boleh menyebar luaskannya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link sumbernya.

0 komentar:

Post a Comment